Rabu, 08 November 2017

Jangan Simpan Buah Semangka di Dalam Kulkas

MediandaTerkini – Sahabat medianda terkini semangka. Buah yang umumnya berkulit hijau dan berdaging merah ini memang merupakan buah favorit bagi sebagian orang. Untuk menambah kesegaran buah semangka, tak sedikit orang yang menyimpan buah ini di dalam kulkas.



Namun tahukah Anda bahwa semangka sebaiknya jangan disimpan di kulkas?

Sahabat medianda terkini pemerintah menganjurkan bahwa semangka harus tetap disimpan di dalam suhu ruangan, karena suhu yang dingin akan mengurangi kandungan gizi pada semangka.

Ketika dingin, semangka akan mempunyai kandungan vitamin dan nutrisi lain yang lebih sedikit dibandingkan dengan semangka yang disimpan pada suhu ruangan. Pasalnya, suhu ruangan membuat semangka akan terus memproduksi vitamin dan nutrisi lainnya setelah dipetik. Dan ketika disimpan di dalam kulkas, maka produksi vitamin dan nutrisi lain pada semangka tersebut akan berjalan lebih lambat.

Penelitian tersebut melakukan uji coba pada beberapa buah semangka dengan menyimpan buah tersebut dalam suhu 21°c, 12°c, dan 5°c. Setelah 14 hari, semangka yang disimpan di dalam suhu 21°c mempunyai kandungan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan semangka yang disimpan dalam suhu 5°c. Apabila dibandingkan dengan buah semangka yang baru dipetik, semangka yang disimpan dalam suhu 21°c selama 14 hari mempunyai kandungan lycopene 40% dan beta-carotene 139% lebih tinggi.

Anda sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah semangka ketika musim panas untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik, karena semangka mengandung lebih dari 90% air.





Kandungan air di dalam semangka

Sahabat medianda terkini tingginya kandungan air di dalam semangka membuat buah ini sangat bermanfaat apabila Anda ingin menurunkan berat badan. Semangka sangat kaya akan vitamin A dan C, beta-carotene, lycopene, zat besi, zink, kalium, dan zat gizi lainnya.

Oleh sebab itu, buah semangka merupakan makanan yang sangat dianjurkan ketika Anda sedang dalam proses diet. Pasalnya, semangka dapat membantu menurunkan berat badan dan membuat tubuh kita tetap fit, karena semangka mengandung berbagai vitamin dan nutrisi lain yang bermanfaat bagi tubuh kita.

Zat besi di dalam semangka berperan dalam meningkatkan energi tubuh, menjaga stamina dan membuat kita lebih aktif. Zat besi juga mempunyai peranan penting di dalam pertumbuhan fisik, khususnya pada anak-anak dan remaja. Kurangnya zat besi di dalam tubuh akan menyebabkan penyakit anemia.

Di samping itu, semangka juga kaya akan lycopene yang merupakan antioksidan penting bagi tubuh untuk melawan radikal bebas dan mencegah kanker.

Jadi sahabat medianda terkini, sebaiknya hindari untuk menyimpan buah semangka di dalam kulkas apabila Anda menginginkan segudang manfaat buah semangka. Semoga bermanfaat.

klikdokter.com 
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Jangan Simpan Buah Semangka di Dalam Kulkas