Selasa, 03 Oktober 2017

Sampaikan Pada Semua Perokok! Ternyata Merokok Setelah Makan Bahayanya 10 Kali Lipat, Waspadalah!

MediandaTerkini – Sahabat medianda terkini meski peringatan bahaya merokok terpampang terang dikemasan rokok tersebut, bahkan dengan gambar-gambar yang menyeramkan akibat merokok, tetapi untuk pecandu rokok hal ini seperti angin lalu.



Di mana-mana, bahkan juga di angkutan umum sekalipun, bila perokok telah ingin menghisap rokoknya, mereka bakal melakukannya. Tak kecuali di tempat makan, seperti cafe, atau warung-warung makan, kita banyak menemukan mereka sedang asyik merokok.

Hampir semua perokok akan mengatakan waktu yang paling nikmat untuk menyalakan sebatang rokok adalah sesaat setelah makan. Asap rokok akan mengepul lebih banyak dan terasa lebih nikmat apabila dibakar saat perut kenyang sambil duduk-duduk santai di teras rumah. Pada dasarnya semua orang sepakat bahwa merokok tidak baik bagi kesehatan tapi apa yang dokter dan para ilmuwan mewanti-wanti secara khusus adalah bahaya merokok setelah makan.

Alasan mereka biasanya sangatlah sederhana, bila tak merokok sesudah makan, mulut bakal terasa sebal dan asam. Namun tahukan Anda, apa yang terjadi pada tubuh, saat Anda merokok sesudah makan? Ini penjelasannya.

Adalah Lanre Alege, seorang apoteker berkebangsaan Nigeria dari Universitas Ilorin Teaching Hospital menyampaikan bahwa satu batang rokok yang dihisap sesudah makan sama bahayanya dengan merokok 10 batang sekaligus di waktu normal.

Menurut Alege, saat makan dan setelahnya terjadi lonjakan aliran darah dalam jumlah besar pada pembuluh terutama di saluran pencernaan. Apabila anda merokok setelah makan maka zat berbahaya dalam rokok ikut terserap secara sempurna dan dalam jumlah yang banyak di dalam aliran darah tersebut.

Hal seperti ini tentu saja meningkatkan faktor risiko berkali-kali lipat. Organ-organ dalam tubuh seperti hati, ginjal, jantung, paru-paru sampai otak akan mengalami kerusakan yang jauh lebih cepat daripada kemampuannya untuk meregenerasi sel-sel tubuh.

"Sistem pencernaan bekerja maksimal saat kita sedang makan. Apabila kita merokok setelah makan maka oksigen dalam darah akan berikatan dengan nikotin dan mengalir lebih cepat di dalam tubuh sehingga lebih mudah diserap oleh organ tubuh yang lain," ujar Alege.

Para ilmuwan memperingatkan bahwa merokok setelah makan secara dramatis akan meningkatkan risiko kanker usus dan kanker paru-paru. Apabila memang tidak bisa menahan keinginan merokok, demi kesehatan anda cobalah untuk merokok paling tidak adalah minimal 20 menit setelah makan.

Sahabat medianda terkini ingat merokok berbahaya bagi kesehatan namun merokok setelah makan jauh lebih berbahaya. Silahkan share informasi penting ini kepada teman anda yang perokok.


Sumber:Portalislami
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sampaikan Pada Semua Perokok! Ternyata Merokok Setelah Makan Bahayanya 10 Kali Lipat, Waspadalah!