Sabtu, 07 Oktober 2017

Jika Kamu Ini Berpoligami, Ketahuilah Dulu Adab-Adab Dalam Poligami

MediandaTerkini - Dalam poligami khususnya bagi seorang lelaki hendaknya mengetahui ilmu tentang poligami. Dalam praktiknya banyak hal yang perlu diperhatikan oleh seorang suami dalam berlaku adil terhadap istri-istrinya. Agar menghindari berbuat zalim atau tidak adil, sehingga sang istri merasa tidak nyaman atau sakit hati.



Allah Swt Berfirman :
Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi: dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya.    (4: 3)

Adapun beberapa adab yang perlu diperhatikan dalam melakukan poligami. Menurut Ustadz Abu Ismail Muslim Al Atsari dalam majalah As Sunnah Edisi 12/X/1428 H, ada 10 hal yang perlu diperhatikan, diantaranya:

1. Berpoligami tidak boleh menjadikan seorang lelaki lalai dalam ketaatan pada Allah.

2. Orang yang berpoligami tidak boleh beristri lebih dari empat dalam satu waktu.

3. Jika seorang lelaki menikahi istri ke lima dan dia mengetahui bahwa hal tersebut tidak boleh, maka dia dirajam. Sedangkan jika dia tidak mengetahui, maka dia terkena hukum dera.

4. Tidak boleh memperistri dua orang wanita bersaudara (kakak beradik) dalam satu waktu.

5. Tidak boleh memperistri seorang wanita dengan bibinya dalam satu waktu.

6. Walimah dan mahar boleh berbeda dia antara para istri.

7. Jika seorang pria menikah dengan gadis, maka dia tinggal bersamanya selama tujuh hari. Jika yang dinikahi janda, maka dia tinggal bersamanya selama 3 hari. Setelah itu melakukan giliran yang sama terhadap istri lainnya.

8. Wanita yang dipinang oleh seorang pria yang beristri tidak boleh mensyaratkan lelaki itu untuk menceraikan istri sebelumnya (madunya).

9. Suami wajib berlaku adil dalam memberi waktu giliran bagi istri-istrinya.


Demikianlah adab-adab dalam poligami, jika kamu(pria) belum bisa berlaku adil, maka satu saja sudah cukup
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Jika Kamu Ini Berpoligami, Ketahuilah Dulu Adab-Adab Dalam Poligami